Apa itu SOPA dan PIPA? Mengapa SOPA itu penting?

SOPA dan PIPA

Dunia industri teknologi baru-baru ini dihebohkan dengan adanya SOPA dan PIPA. Kedua nama ini menjadi sangat kontroversial di dunia maya. Siapakah sebenarnya mbak SOPA dan mas PIPA ini? Mari kita cari tahu teman!

Apa itu SOPA? SOPA adalah singkatan dari Stop Online Piracy Act yaitu Undang-undang untuk menghentikan Pembajakan Online. Dan apa itu PIPA? PIPA adalah singkatan dari Protect IP Act yaitu UU untuk melindungi IP. SOPA dan PIPA adalah RUU yang bertujuan untuk menindak pelanggaran hak cipta dengan membatasi akses ke situs-situs yang berisi perdagangan konten bajakan.

Target utama SOPA adalah ‘situs-situs nakal’ luar negeri seperti situs ‘The Pirate Bay’ yang menggunakan fasilitas torrent, yang tentu saja memberikan fasilitas download (misalnya film) gratis alias ilegal.

Perusahaan-perusahaan AS (Amerika Serikat) terutama mereka yang menciptakan konten-konten situs original telah telah berjuang bertahun-tahun untuk melawan pembajakan, namun sangat sulit bagi mereka untuk mengambil tindakan terhadap situs asing. Jadi tujuan SOPA dan PIPA adalah untuk memutuskan jalan bagi situs-situs bajakan dengan mengharuskan mesin pencari AS, situs penyedia iklan dan situs penyedia konten lainnya untuk menahan atau tidak mengikutsertakan situs bajakan tersebut.

Itu berarti situs seperti Google tidak akan menampilkan situs yang sudah ditandai atau di-blacklist dalam hasil pencarian mereka, dan para penyedia pembayaran iklan seperti PayPal eBay tidak dapat mengirimkan dana kepada mereka.

Bayangkan saja kalau SOPA diterapkan di situs-situs lokal yang notabene dipenuhi dengan konten bajakan, mungkin lalu lintas dunia maya ini akan sepi karena kebanyakan penghuninya telah ‘dipenjara’ atau ‘dikucilkan’. Hehehe, mungkin blog saya ini juga kena ^^…

Menurut teman-teman gimana? Apakah SOPA dan PIPA ini penting?

Be the first to like.

Did you like this? Share it:

Leave a Reply