Internet Service Provider

PT. REMALA ABADI

PT. REMALA ABADI (Tachyon) telah menjalankan bisnisnya pada bidang layanan infrastruktur dan telekomuniksi sejak tahun 2009. Seiring dengan berjalannya waktu, kami berkembang semakin pesat dengan memiliki berbagai layanan komunikasi pada bidang industri telekomunikasi serta untuk industri lainnya yang dikelola dan dioperasikan oleh para tenaga profesional muda yang memiliki pengalaman dan dedikasi bertahun-tahun pada bidang telekomunikasi. Semua itu kami tujuan agar dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada seluruh pelanggan kami.

Dalam rangka memberikan solusi Infrastruktur baik Backbone dan Backhaul, Metro Ethernet, Point of Presence, Optical Fiber To The Home serta Data Center, kami telah mempersiapkan sejumlah portofolio layanan yang lengkap, dengan solusi berdasarkan : Kebutuhan dan Biaya Investasi, tanpa mengenyampingkan standarisasi mutu dan pelayanan. Institusi yang telah kami layani selama ini terdiri dari berbagai segmen, mulai dari Institusi Pemerintahan, Swasta hingga Korporasi Multinasional maupunn yang sedang berkembang. Selanjutnya kami selalu bertekad dan bertumbuh untuk terus mengembangkan layanan dan memperluas pelanggan hingga ke seluruh penjuru nusantara.

Dengan berpegang pada komitmen dalam menyuguhkan inovasi teknologi, serta tetap berpijak pada tradisi dan budaya pelayanan pelanggan untuk mewujudkan kepuasan pelanggan, kami yakin dapat bersinergi dalam pengembangan Infrastruktur Network serta Data Center, pada saat ini dan masa yang akan datang.

VISI

Untuk menjadi pemimpin dan dominan sebagai Internet Service Provider di Indonesia, Tachyon.net.id bekerja keras untuk mendapatkan pengakuan sebagai “The Ultimate Internet Connection”. Kami akan terus memberikan array lengkap layanan berkualitas tinggi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan kami untuk yang paling dapat diandalkan IP Berbasis, Konten dan aplikasi.

MISI

Dengan tujuan membangun komunitas Internet di Indonesia, Tachyon.net.id akan terus menyediakan pelanggan dengan berbagai fasilitas dan solusi internet inovatif yang mereka dapat mengakses tanpa harus pergi keluar dari situs Web-nya. Melalui layanan Internet one-stop-nya, Tachyon.net.id akan menjadi penyedia layanan yang memberikan prioritas utama untuk membangun hubungan yang kuat dengan masyarakat-baik pelanggan dan masyarakat umum-dengan tujuan untuk menjalin hubungan yang harmonis dan membina keterikatan kuat menuju Tachyon.net.id.

Partnerships:

Penyelenggara jasa Internet (disingkat PJI) (Inggris: Internet service provider disingkat ISP) adalah perusahaan atau badan yang menyelenggarakan jasa sambungan Internet dan jasa lainnya yang berhubungan. Kebanyakan perusahaan telepon merupakan penyelenggara jasa Internet. Mereka menyediakan jasa seperti hubungan ke Internet, pendaftaran nama domain, dan hosting.

ISP ini mempunyai jaringan baik secara domestik maupun internasional sehingga pelanggan atau pengguna dari sambungan yang disediakan oleh ISP dapat terhubung ke jaringan Internet global. Jaringan di sini berupa media transmisi yang dapat mengalirkan data yang dapat berupa kabel (modem, sewa kabel, dan jalur lebar), radio, maupun VSAT.

¬†Biasanya, ISP menerapkan biaya bulanan kepada pelanggan. Hubungan ini biasanya dibagi menjadi dua kategori: modem (“dial-up”) dan jalur lebar. Hubungan dial-up sekarang ini banyak ditawarkan secara gratis atau dengan harga murah dan membutuhkan penggunaan kabel telepon biasa. Hubungan jalur lebar dapat berupa ISDN, non-kabel, kabel modem, DSL, Internet satelit. Broadband dibanding modem memiliki kecepatan yang jauh lebih cepat dan selalu “on”, namun lebih mahal.

Sejarah Internet Indonesia

Sejarah internet Indonesia dimulai pada awal tahun 1990-an. Saat itu jaringan internet di Indonesia lebih dikenal sebagai paguyuban network, dimana semangat kerjasama, kekeluargaan & gotong royong sangat hangat dan terasa di antara para pelakunya. Agak berbeda dengan suasana Internet Indonesia pada perkembangannya kemudian yang terasa lebih komersial dan individual di sebagian aktivitasnya, terutama yang melibatkan perdagangan Internet. Sejak 1988, ada pengguna awal Internet di Indonesia yang memanfaatkan CIX (Inggris) dan Compuserve (AS) untuk mengakses internet.

Awal Internet Indonesia

Berdasarkan catatan whois ARIN dan APNIC, protokol Internet (IP) pertama dari Indonesia, UI-NETLAB (192.41.206/24) didaftarkan oleh Universitas Indonesia pada 24 Juni 1988. RMS Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi Indrayanto, dan Onno W. Purbo merupakan beberapa nama-nama legendaris di awal pembangunan Internet Indonesia di tahun 1992 hingga 1994. Masing-masing personal telah mengontribusikan keahlian dan dedikasinya dalam membangun cuplikan-cuplikan sejarah jaringan komputer di Indonesia.

Tulisan-tulisan tentang keberadaan jaringan Internet di Indonesia dapat dilihat di beberapa artikel di media cetak seperti KOMPAS berjudul “Jaringan komputer biaya murah menggunakan radio[1] di bulan November 1990. Juga beberapa artikel pendek di Majalah Elektron Himpunan Mahasiswa Elektro ITB di tahun 1989.

Internet Service Provider Indonesia

Di sekitar tahun 1994 mulai beroperasi IndoNet yang dipimpin oleh Sanjaya. IndoNet merupakan ISP komersial pertama Indonesia. Pada waktu itu pihak POSTEL belum mengetahui tentang celah-celah bisnis Internet & masih sedikit sekali pengguna Internet di Indonesia. Sambungan awal ke Internet dilakukan menggunakan dial-up oleh IndoNet, sebuah langkah yang cukup nekat barangkali. Lokasi IndoNetmasih di daerah Rawamangun di kompleks dosen UI, kebetulan ayah Sanjaya adalah dosen UI. Akses awal di IndoNet mula-mula memakai mode teks dengan shell account, browser lynx dan email client pine pada server AIX.

Mulai 1995 beberapa BBS di Indonesia seperti Clarissa menyediakan jasa akses Telnet ke luar negeri. Dengan memakai remote browser Lynx di AS, maka pemakai Internet di Indonesia bisa akses Internet (HTTP).

Perkembangan terakhir yang perlu diperhitungkan adalah trend ke arah e-commerce dan warung internet yang satu & lainnya saling menunjang membuahkan masyarakat Indonesia yang lebih solid di dunia informasi. Rekan-rekan e-commerce membangun komunitasnya di beberapa mailing list utama seperti warta-e-commerce@egroups.com, mastel-e-commerce@egroups.com, e-commerce@itb.ac.id & i2bc@egroups.com.

Cuplikan-cuplikan Perjuangan IT & Internet Indonesia

Cuplikan dan catatan sejarah perjuangan Internet Indonesia dapat di baca di WikiBook Sejarah Internet Indonesia [2]di dalam internet terdapat hal-hal yang bermanfaat seperti informasi, artikel edukatif dan lain sebagainya

Pengguna Awal Internet Lewat CIX dan Compuserve

Sejak 1988, CIX (Inggris) menawarkan jasa E-mail dan Newsgroup. Belakangan menawarkan jasa akses HTTP dan FTP. Beberapa pengguna Internet memakai modem 1200 bps dan saluran telpon Internasional yang sangat mahal untuk mengakses Internet. Sejak 1989 Compuserve (AS) juga menawarkan jasa E-mail dan belakangan Newsgroup, HTTP/FTP. Beberapa pengguna Compuserve memakai modem yang dihubungkan dengan Gateway Infonet yang terletak di Jakarta. Biaya akses Compuserve masih mahal, tetapi jauh lebih murah dari CIX.