Penyebab ping tinggi pada jaringan internet

Ping pada jaringan adalah adalah salah satu utility yang sering di gunakan untuk memeriksa apakah pada sebuah jaringan tidak terjadi kesalahan pengiriman data. Ping pada jaringan identik dengan milisecound (ms) untuk satuannya, parameter ini digunakan untuk mengukur sebarapa cepat data dilewatkan dalam jaringan internet, baca selengkapnya PING pada jaringan internet.

Beberapa Penyebab ping tinggi pada jaringan.

Secara umum penyebab ping tinggi pada jaringan terkait dengan, tipologi jaringan, perangkat jaringan, jarak antara perangkat (client-server), konfigurasi server dan beberpa factor lainnya.

Ping tinggi karena kesalahan tipologi

Kadang penggunaan tipologi jaringan yang tidak benar akan membuat ping tinggi antar client ke server, ketidak benaran tipologi jaringan bukan berarti client dan server tidak connect tetapi terkadang menggabungkan beberapa tipologi jaringan sehingga data yang akan dikirim (send) tidak sampai alias mutar-mutar. Biasakan menggukan tipologi jaringan yang umum digunakan.

Contoh tipologi yang pernah saya dapatkan dan mengakibatkan ping tinggi adalah, menghubungkan HUB dengan HUB dengan beban yang tidak seimbang.

Ping tinggi karena perangkat jaringan

Ping tinggi dengan karena kesalahan perangkat sangat terkait dengan penggunaan perangkat yang rusak atau bermasalah, perangkat ini biasanya HUB, LANCARD, kabel LAN yang terlilit atau sebagainya.

Ping tinggi karena jarak client – server

Jarak antara client – server, sangat mempengaruhi ping pada jaringan, penggunaan media perantara seperti kabel atau wireless sangat terkait dengan penyebab ping tinggi, misalnya kabel dengan kwalitas rendah dengan jarak lebih dari 100 meter biasanya mendapatkan kendala ping yang tinggi, begitu pula dengan wireless yang mempunyai jarak yang jauh dengan kwalitas perangkat wireless yang rendah.

Ping tinggi karena konfigurasi pada server

Kesalahan konfirgurasi baik NAT, firewall dan pembagian bandwidth akan meyebabkan ping tinggi dan biasanya di barengi dengan Request time out (RTO), khusus pada pembagian bandwidth client yang extrime (dibawah normal) maka akan sering sekali mendapatkan ping yang tinggi baik ke server maupun ke  DNS.

Penggunaan internet yang berlebihan melewati batas yang di izinkan server otomatis akan membuat ping menjadi tinggi, aktifitas download biasanya factor penyebab utama ping tinggi.

Be the first to like.

Did you like this? Share it:

Leave a Reply