Perbedaan Antara Hub, Switch, dan Router

Hub, Switch vs Router, Ketika menghubungkan jaringan di rumah atau kantor Sobat, ada tiga istilah umum yang selalu muncul, hub, switch, dan router. ketiganya sedikit membingungkan untuk memiliki tiga hal saat Sobat hanya ingin membiarkan beberapa komputer di rumah Sobat terhubung ke Internet. Perbedaan utama antara mereka adalah bahwa router adalah titik akhir jaringan sedangkan switch dan hub tidak. Switches hanya untuk melewatkan data ke tujuan, hub broadcast ke semua end point tersambung, sedangkan router membaca dan memproses data dalam rangka untuk menentukan di mana perlu pergi.

Meskipun tidak semua fitur tersebut merupakan bagian dari routing, banyak router, Firewall, DMZ, Port Forwarding, Traffic Shaping, VPN, dan banyak lagi fitur NAT. Ini tidak hanya membantu ketika datang untuk menghubungkan satu komputer ke yang lain atau ke Internet, fitur ini juga berguna dalam melindungi komputer Sobat terhadap ancaman online dan sangat penting untuk pengguna tingkat lanjut yang ingin meng-host situs sendiri atau terhubung ke komputer lain melalui VPN.

Fitur lain yang Sobat hanya bisa mendapatkan dengan router adalah WiFi. WiFi sangat populer saat ini terutama dengan proliferasi, tidak hanya di komputer dan laptop, tetapi juga di perangkat portable lebih seperti tablet dan smartphone. Switch dan hub hanya memiliki sambungan kabel dan WiFi.

Ketika membeli router, kita sering melihat bahwa biasanya memiliki empat port untuk Ethernet dan satu untuk WAN atau koneksi Internet Sobat. Ini tidak benar-benar menjadi bagian dari router karena pada dasarnya adalah sebuah switch empat-port yang dibangun ke dalam router. Hal ini karena kebanyakan orang perlu menghubungkan lebih dari komputer ke Internet, dan biaya rendah switch memungkinkan untuk memilikinya dibangun di tanpa menaikkan harga terlalu banyak.

Sebuah hub pada dasarnya melakukan apa switch tidak tetapi pada tingkat yang lebih sederhana. Sebuah hub umumnya lebih lambat dari saklar, dan semakin banyak orang menggunakannya pada saat yang sama, semakin lambat itu didapatnya. Rendahnya harga switch telah memberikan hub usang, dan toko hanya memiliki switch saat ini. Tetapi terminologi telah terjebak dan ini biasa bagi orang untuk merujuk ke saklar sebagai switch, hub, atau switch hub.

Ringkasan:

1.Routers adalah titik akhir jaringan sementara hub dan switch tidak.
2.Routers memiliki kemampuan yang lebih maju dari hub dan switch.
3.Routers dapat memiliki WiFi sementara hub dan switch tidak
4.Routers biasanya berisi switch.
5. HUB  melakukan pekerjaan yang sama sebagai saklar tapi sangat tidak efisien.

Be the first to like.

Did you like this? Share it:

Leave a Reply