Rahasia Sukses Panggilan Kerja Terletak Pada CV Anda !

Jika kamu fresh graduate dan sudah berusaha berulang kali melamar pekerjaan, namun tidak ada panggilan dari satu perusahaan pun, coba kamu evaluasi Curriculum Vitae (CV)-mu. Sebab, ternyata CV merupakan kunci utama bagimu untuk mendapat panggilan kerja.

Hal tersebut diungkapkan oleh Business Manager JobsDB, Adhitya Damian Sunur, pada jumpa pers Jobs DB Career Expo 2011 di Wayomen Restaurant, Jakarta. “Kebanyakan pelamar Indonesia salah dalam menulis CV, mereka bertele-tele hingga menyebabkan CV terlalu panjang. Kadang hingga tiga sampai empat halaman.”

Padahal kenyataannya, dalam menyaring CV, perusahaan hanya memerlukan waktu satu menit untuk setiap CV yang masuk pada musim perekrutan pegawai.

“Artinya, jika kamu membuat CV terlalu panjang, maka akan membuang waktu bagian HRD. Percaya atau tidak, pada halaman-halaman berikutnya CV-mu tidak akan dibaca.”

Hal tersebut, menurut Adhitya, yang menyebabkan CV pelamar dilewatkan begitu saja. Padahal, kemungkinan pelamar tersebut merupakan kandidat terbaik yang mungkin dibutuhkan perusahaan.

“Oleh sebab itu, pelamar harus bisa membuat CV yang menarik, singkat namun jelas. Ingat untuk menyertakan foto terbaru. Usahakan cukup satu halaman saja, jadi perusahaan bisa dengan mudah menyortir datamu.”

Satu hal yang ditekankan Adhitya menyangkut CV, yakni tidak boleh berbohong. “Semua akan ketahuan saat wawancara, jadi jangan pernah coba untuk berbohong di CV-mu.”

Be the first to like.

Did you like this? Share it:

Leave a Reply