Tanda-tanda Stress Tanda-Tanda Stres yang Harus Diwaspadai

Beban yang berat dalam pekerjaan dan kehidupan rumah tangga sering kali menyebabkan Anda stres dan merasa putus asa seolah tak ada lagi tempat atau seseorang yang nyaman untuk Anda datangi sekadar untuk berbagi dan menenangkan diri.

Anda juga senantiasa menjelaskan kalau Anda stres pada orang-orang terdekat yang bertanya mengenai kusutnya wajah dan menurunnya kinerja di kantor. Sebelum Anda berkeputusan tentang kondisi yang sedang Anda alami ini, ada baiknya mengenali tanda-tanda stress terlebih dahulu.

Penyebab dan tanda-tanda stres yang sering dialami orang sebagai berikut.

Seringkali masalah yang sedang Anda pikirkan mengganggu ritme tidur Anda. Mulai dari gelisah saat akan mulai tidur sampai tidak bisa memejamkan mata sama sekali. Ketika bangun, pikiran kacau karena kekhawatiran. Sebaiknya singkirkan dulu masalah yang menggelayuti pikiran Anda sebelum tidur.

  • Sakit kepala

Obat sakit kepala mungkin akan membantu dalam meredakannya, tetapi yang lebih penting adalah tenangkan diri dan tinjau kembali apa yang sudah dilakukan sehingga muncul sesuatu yang tidak beres.

  • Telapak tangan dan kaki berkeringat

Seperti halnya akan tampil di depan umum, telapak tangan kita menjadi basah oleh keringat. Memang sedikit mengurangi stres, namun jangan biarkan hal ini terjadi. Coba temukan penyebabnya dengan melihat makanan yang dikonsumsi, pola istirahat, dan cek kesehatan.

  • Perut mulas

Beginilah cara organ sistem pencernaan dalam perut merespon stres yang kita alami. Ini terjadi secara alamiah. Tarik napas dalam-dalam dan hembuskan perlahan, lalu minum teh manis hangat untuk mengurangi ketegangan otot perut.

  • Gatal-gatal dan ruam

Kulit yang memerah, gatal, timbul jerawat dan bisul bisa jadi penanda stres. Coba lebih santai, ingat pengatur stres adanya di otak jadi Anda bisa memerintahkannya untuk lebih rileks sedikit.

  • Dada sakit dan marah-marah

Ini terjadi karena Anda ingin memuntahkan beban yang berat, namun ingin dikeluarkannya secara bersamaan sehingga menimbulkan tekanan pada area jantung.

  • Punggung dan bahu sakit

Stres menyebabkan semua otot menegang. Pijatan lembut dapat meredakan otot-otot yang tegang.

  • Tidur seperti bayi

Stres membuat Anda menjadi sangat lemah sehingga butuh banyak tidur.

Hindarilah stres karena secara psikologis dapat mempengaruhi kesehatan bahkan kematian seseorang. W.B. Cannon menyebut kematian yang mendadak akibat stres atau sudden death syndrome sebagai voodoo death di mana seseorang yang kelihatannya sehat-sehat saja, kemudian tiba-tiba meninggal dalam waktu sekian menit atau jam.

Be the first to like.

Did you like this? Share it:

Leave a Reply